Sabtu, 23 Januari 2016

Komputer dan Manfaatnya Bagi Guru Produktif Multimedia di Sekolah Menengah Kejuruan


                                                                                              
Komputer berasal dari bahasa Inggris, to compute yang artinya menghitung (Yanuar Nugroho, 1998:1). Sesuai perkembangan teknologi baik hardware, software maupun brainware, maka komputer saat ini tidak hanya digunakan sebagai alat untuk menghitung saja, melainkan sudah digunakan untuk melakukan dan mempercepat berbagai pekerjaan dan aktifitas manusia, seperti penelitian, kedokteran, pendidikan, perbankan, bisnis dan lain-lain. Tidak hanya itu, komputer juga sering digunakan untuk mengendalikan mesin dan alat produksi, menggambar, berkomunikasi, bahkan ada juga komputer yang digunakan untuk menonton film.

Komputer bisa di artikan sebagai seperangkat alat yang di jadikan satu untuk mengolah data berdasarkan prosedur yang telah di rumuskan sebelumnya. Definisi komputer pada mulanya hanya di pergunakan untuk menggambarkan profesi pekerjaan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, baik dengan ataupun tanpa menggunakan alat bantuan, namun demikian arti dari kata komputer di kembalikan pada mesih itu sendiri serta seiring berjalannya waktu kini komputer berfungsi untuk mengerjakan berbagai tugas.

Kemajuan teknologi komputer membuat aktivitas menjadi serba cepat serta menjadikan dunia seperti tanpa batas. Berbagai jenis informasi dapat diakses dengan cepat dan akurat. Gelombang perubahan yang mengguncangkan ini telah memaksa sektor pendidikan untuk memikirkan kembali segala sesuatu yang selama ini kita pahami tentang pembelajaran, pendidikan maupun persekolahan. Revolusi teknologi harus juga diimbangi dengan pembaharuan pendidikan, pengajaran dan persekolahan.Dengan masuknya teknologi informasi khususnya komputer telah banyak merubah tatanan dan peran pendidikan. Sebagai contoh dahulunya guru merupakan sumber informasi yang utama bagi siswa dengan hadirnya komputer melalui jaringan internet telah membuat guru bukanlah satu-satunya sumber informasi tapi infomasi dapat diakses dari komputer melalui jaringan internetnya, proses belajar mengajar yang disampaikan secara klasikal dengan metode ceramah yang membosankan tapi dengan hadirnya teknologi komputer menyebabkan pembelajaran dapat dilakukan secara individual dan menyenangkan.



Dalam artikel ini saya akan membukakan betapa besar manfaat komputer bagi seorang guru, khususnya bagi guru produktif Multimedia dan ini menyangkut dengan kenyataan di lapangan. Jika ditinjau dengan perkembangan teknologi dan informasi, di dalam era globalisasi ini tentulah seorang guru harus dapat mengikuti perkembangan yang ada. Seorang guru harus dapat beradaptasi dengan keadaan gelobal, sehingga kita tidak tertinggal dengan negara-negara lain yang ada di dunia. Kemajuan teknologi sudah merambah ke semua lini dalam kehidupan, tidak terkecuali pada bidang pendidikan. Implikasi penyeragaman yang terlihat dari gaya hidup yang sama, baik dari segi makanan, pakaian dan sebagainya. Salah satu teknologi yang berkembang saat ini adalah komputer. Komputer diciptakan untuk memproses data dan kemudian disajikan dalam bentuk informasi, sehingga jika dilihat dari efektifitas dan efisiensinya sebuah komputer mampu menolong penggunanya dalam menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. 

Adapun keuntungan memanfaatkan komputer di dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut:

Manfaat komputer untuk guru dalam pendidikan, yaitu:

1)  Pendidik dapat memiliki variasi mengajar dengan menggunakan komputer. Menurut Sudjana dan Rivai (1989) ada beberapa model pembelajaran dengan komputer, yaitu model latihan dan praktek (drill and practice), model tutorial (tutorials), model penemuan (problem solving), model simulasi (simulations), dan model permainan (game). Model pembelajaran ini dapat digunakan pendidik dalam kegiatan pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik sehingga dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan  mereka.

2)  Kemampuan belajar peserta didik dapat meningkat dengan adanya fasilitas komputer. Mereka dapat mengerjakan tugas-tugas dengan kreatif melalui komputer karena komputer mampu menampilkan teks, warna, gerak, suara, video, gambar dan lainnya.

3) Kecerdasan psikomotorik siswa dapat terangsang dengan adanya pendidikan yang berbasis teknologi. Siswa dapat menentukan jenis atau arah pendidikan yang mana yang bermanfaat baginya untuk meningkatkan kualitas pendidikannya.

4)  Komputer adalah media atau alat bantu untuk memudahkan pekerjaan. Akan tetapi, kunci terciptanya kualitas pendidikan yang baik adalah dari dalam diri pengguna komputer tersebut baik pendidik maupun peserta didik. Tanpa adanya kemauan dan ketekunan dari peserta didik, untuk belajar, komputer  hanya akan menjadi benda mati atau pajangan yang tidak memiliki manfaat.

    Adapun manfaat komputer lainnya bagi seorang guru adalah untuk mempermudah proses pembelajaran, dan juga mempermudah pengolahan data yang berkaitan erat dengan siswa. 



Referensi :

Asmara, Adi. (2010). Anda Jadi Tahu Komputer. Bandung: CV. Atikan Mandiri.

Juliandi. (2009). Pengenalan Dasar Komputer. Bandung: CV. Cipta Dea Pustaka.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar