Komputer berasal
dari bahasa Inggris, to compute yang
artinya menghitung (Yanuar Nugroho, 1998:1). Sesuai perkembangan teknologi baik
hardware, software maupun brainware, maka komputer saat ini tidak hanya
digunakan sebagai alat untuk menghitung saja, melainkan sudah digunakan untuk
melakukan dan mempercepat berbagai pekerjaan dan aktifitas manusia, seperti
penelitian, kedokteran, pendidikan, perbankan, bisnis dan lain-lain. Tidak
hanya itu, komputer juga sering digunakan untuk mengendalikan mesin dan alat
produksi, menggambar, berkomunikasi, bahkan ada juga komputer yang digunakan
untuk menonton film.
Komputer bisa di
artikan sebagai seperangkat alat yang di jadikan satu untuk mengolah data
berdasarkan prosedur yang telah di rumuskan sebelumnya. Definisi komputer pada
mulanya hanya di pergunakan untuk menggambarkan profesi pekerjaan orang yang
melakukan perhitungan aritmatika, baik dengan ataupun tanpa menggunakan alat
bantuan, namun demikian arti dari kata komputer di kembalikan pada mesih itu
sendiri serta seiring berjalannya waktu kini komputer berfungsi untuk mengerjakan berbagai tugas.
Kemajuan teknologi komputer membuat aktivitas menjadi serba cepat serta
menjadikan dunia seperti tanpa batas. Berbagai jenis informasi dapat diakses
dengan cepat dan akurat. Gelombang perubahan yang mengguncangkan ini telah
memaksa sektor pendidikan untuk memikirkan kembali segala sesuatu yang selama
ini kita pahami tentang pembelajaran, pendidikan maupun persekolahan. Revolusi
teknologi harus juga diimbangi dengan pembaharuan pendidikan, pengajaran dan
persekolahan.Dengan masuknya teknologi informasi khususnya komputer telah
banyak merubah tatanan dan peran pendidikan. Sebagai contoh dahulunya guru
merupakan sumber informasi yang utama bagi siswa dengan hadirnya komputer
melalui jaringan internet telah membuat guru bukanlah satu-satunya sumber
informasi tapi infomasi dapat diakses dari komputer melalui jaringan
internetnya, proses belajar mengajar yang disampaikan secara klasikal dengan
metode ceramah yang membosankan tapi dengan hadirnya teknologi komputer menyebabkan
pembelajaran dapat dilakukan secara individual dan menyenangkan.
Dalam artikel ini
saya akan membukakan betapa besar manfaat komputer bagi seorang guru,
khususnya bagi guru produktif Multimedia dan ini menyangkut dengan kenyataan di
lapangan. Jika ditinjau dengan perkembangan teknologi dan informasi, di dalam
era globalisasi ini tentulah seorang guru harus dapat mengikuti perkembangan
yang ada. Seorang guru harus dapat beradaptasi dengan keadaan gelobal, sehingga
kita tidak tertinggal dengan negara-negara lain yang ada di dunia. Kemajuan teknologi
sudah merambah ke semua lini dalam kehidupan, tidak terkecuali pada bidang
pendidikan. Implikasi penyeragaman yang terlihat dari gaya hidup yang sama, baik
dari segi makanan, pakaian dan sebagainya. Salah satu teknologi yang berkembang
saat ini adalah komputer. Komputer diciptakan untuk memproses data dan kemudian
disajikan dalam bentuk informasi, sehingga jika dilihat dari efektifitas dan
efisiensinya sebuah komputer mampu menolong penggunanya dalam menyelesaikan
pekerjaan dengan cepat.
Adapun keuntungan
memanfaatkan komputer di dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut:
Manfaat
komputer untuk guru dalam pendidikan, yaitu:
1) Pendidik dapat memiliki variasi mengajar dengan menggunakan
komputer. Menurut Sudjana dan Rivai (1989) ada beberapa model pembelajaran
dengan komputer, yaitu model latihan dan praktek (drill and practice),
model tutorial (tutorials), model penemuan (problem solving),
model simulasi (simulations), dan model permainan (game). Model
pembelajaran ini dapat digunakan pendidik dalam kegiatan pembelajaran agar
pembelajaran lebih menarik sehingga dapat membantu peserta didik untuk
mengembangkan pengetahuan mereka.
2) Kemampuan
belajar peserta didik dapat meningkat dengan adanya fasilitas komputer. Mereka
dapat mengerjakan tugas-tugas dengan kreatif melalui
komputer karena komputer mampu menampilkan teks, warna, gerak, suara, video,
gambar dan lainnya.
3) Kecerdasan
psikomotorik siswa dapat terangsang dengan adanya pendidikan yang berbasis
teknologi. Siswa dapat menentukan jenis atau arah pendidikan yang mana yang
bermanfaat baginya untuk meningkatkan kualitas pendidikannya.
4) Komputer
adalah media atau alat bantu untuk memudahkan pekerjaan. Akan tetapi, kunci
terciptanya kualitas pendidikan yang baik adalah dari dalam diri pengguna
komputer tersebut baik pendidik maupun peserta didik. Tanpa adanya kemauan dan
ketekunan dari peserta didik, untuk belajar, komputer hanya akan menjadi
benda mati atau pajangan yang tidak memiliki manfaat.
Adapun
manfaat komputer lainnya bagi seorang guru adalah untuk mempermudah proses
pembelajaran, dan juga mempermudah pengolahan data yang berkaitan erat dengan
siswa.
Referensi :
Asmara, Adi.
(2010). Anda Jadi Tahu Komputer.
Bandung: CV. Atikan Mandiri.
Juliandi.
(2009). Pengenalan Dasar Komputer.
Bandung: CV. Cipta Dea Pustaka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar